Menjaga Keluarga




Ini Abah, dan Nenek. Orangtua dari ibuku. Abah yang seusai halal bi halal di lapangan Masjid langsung menemuiku yang sedang menepi di pinggir masjid. Ia memanggilku, "Ay..."

Segera aku menghampiri beliau lalu memeluknya. Mata Abah sudah sembab, bibirnya bergetar. Sambil mencium pipiku, abah berkata, "Maafin Abah ya kalau Abah banyak salah sama Ayu. Sing pinter sing soleh..."

Lain dengan Nenek, seba'da shalat ied di masjid dengan shaf langganan dari tahun ke tahun kami sekeluarga, kami senang berada di shaf kedua dari depan, Nenek mendekatiku yang sedang melipat mukena. Nenek berucap sesuatu hal yang membuatku speechless...

"Ay do'ain ya moga Nenek tahun depan masih bisa ketemu Ramadhan. Masih sehat, masih kuat. Kan nenek pengen ngelihat Ayu wisuda. Ayu sekarang ambil kuliah 4 tahun kan? Kenapa ngga bisa 2 tahun aja kuliahnya? Do'ain Nenek ya." , ucap Nenek berbisik di telingaku sambil memeluk tubuh kecil ini.

Aku hanya bisa terpaku. Kemudian, dengan singkat, aku jawab saja, "Iya Nek. Aamiin." Jika panjang lebar, khawatir aku akan menciptakan sungai yang airnya mengalir tak berkesudahan di pipi ini, hehe.

Selagi masih ada waktu, masih ada kesempatan untuk membahagiakan orangtua dari orangtua kita, maka lakukanlah!

Tanpa Nenek dan Abah kita, tak akan ada orangtua yang baik dalam mengasuh kita. Tak ada cinta sebesar kedua orangtua kepada anaknya.
Jikalah saat ini yang sering kau sebut dan kau minta pada Allah adalah kekasihmu di rumah impianmu kelak, mengapa tak sering meminta kebaikan dan kesehatan (panjang umur) bagi keluargamu tercinta?

Kita terkadang tidak lebih terbuka dan tidak lebih ekspresif menyatakan cinta kepada keluarga ketimbang pada teman-teman dalam hidup. Waktu banyak kita habiskan untuk menyibukkan diri dengan aktivitas diluar rumah, sementara orang-orang di rumah mungkin mendambakan seringnya hadirmu didalam kegiatan sederhana semisal memasak, membersihkan rumah, berkunjung ke rumah saudara, maupun duduk makan bersama sambil menonton televisi.

Ingat, waktu sibukmu tak sepanjang usia mereka. Barakallah. Jaga baik keluarga kita semua. Semoga Allah selalu merahmati. ❤

#RamadhanInspiratif
#Challenge
#Aksara

Note: tulisan susulan

Komentar

  1. Sudah selesai kah jadinya? Keren.. saya tinggal dua tapi ga tau kenapa mandeg. hiks. Semoga tetap semangat menulis meski sudah tidak ada challange.

    Bagus banget isi tulisannya TT.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sudah selesai challenge nya hehe. ^^ oh, Isabella ikutan challenge juga?

      Aamiin. Semangat juga ya buatmu. :) salam kenal Isabella.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gambar itu Haram? (Chapter 1: Tashwir)

Ruang Bebas Baca

Ada Hikmah Dibalik Basmallah