Jika Sudah Usai, Kerjakan yang Lain

"Ay, ke masjid sini lagi atuh Ay. Ajarin anak-anak disana. Dakwah disana. Jangan diluar aja. Yang jauh dijangkau, yang dekat diabaikan. Masa mau begitu?" , kata Bapak di dini hari saat Ramadhan pertengahan kemarin.

Aku yang masih terduduk seusai tilawah langsung terhenyak, dan merasa amat bersalah. Kesibukanku diluar rumah membuatku tak lagi sering 'menjenguk' anak-anak dan kawan-kawan yg masih setia mengajar di TPA Masjid dekat rumah. Jumlah anak-anak ratusan. Belum lagi di TPA sekarang sedang meregenerasi pemudanya dari SMP dan SMA utk mengisi kekosongan dan mengambil alih tugas sebagai pengajar.

Tanpa kata. Aku tak berani menjawab Bapak. Karena memang aku sudah melakukan kesalahan.

Terkadang banyaknya aktivitas diluar membuat waktu rehat di rumah menjadi tak ingin melakukan banyak aktivitas. Tapi justru, hal itu pula lah yang keliru. Hal ini ditunjukkan oleh Bapak.


Bapak menasehati, "Ay, sayang kan, ilmu ayu banyak, belajar dan ngaji dari luar, sok atuh manfaatin disini, anak-anak butuh ilmu dan pengetahuan baru dari Ayu, ngga belajar yang itu-itu aja. Bapak tahu Ayu udah kecapean duluan, tapi inget, capeknya kita tuh harus bener.

Bapak yang baru pulang kerja shift malam juga, langsung ke mesjid kan? Kenapa? Karena Bapak sayang sama anak-anak. Kasian kalau ngga ada yang ngebimbing. Bapak juga ngantuk, capek, udah gak muda juga kan, tapi Bapak mau nyempetin. Sok mumpung Ayu masih muda, manfaatin waktunya."

Innalillah, rabbana dzalamnaa anfusanaa 😭, tidak apa sibuk diluar, asal jangan lupa dengan tempat dimana kamu pernah tumbuh. Jika sudah usai satu urusan maka selesaikanlah urusan yang lain. Seperti firman Allah didalam surat Al-Insyirah ayat 7:
"Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain."

#RamadhanInspiratif
#Challenge
#Aksara

Note: tulisan susulan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gambar itu Haram? (Chapter 1: Tashwir)

Ruang Bebas Baca

Ada Hikmah Dibalik Basmallah